99 Tanya Jawab Seputar Sholat Hal 5 dan 6

Hal 5
SEKAPUR SIRIH

Seorang laki-laki datang kepada saya, rambutnya sudah memutih karena usia, setelah bersalaman ia pun berucap, "pak ustadz, ketika bangkit dari ruku', saya selalu mengucapkan "sami'allahu liman hamidah'. Kata penceramah di kamppung saya, ma'mum yang melakukan perbuatan seperti itu, maka sholatnya batal. bagaimanakah shalat saya selama ini?".

Dalam sebuah pengajian, terlihat seorang jamaah yang melaksanakan shalat, ketika Takbiratul-ihram ia angkat kedua tangannya setinggi-tingginya, setiap kali tegak bangun dari sujud ia kembali mengangkat kedua tangannya.

Seorang muslim yang hidup bernafas karena nikmat dan karunia Allah, detak jantungnya karena qudrat dan iradat Allah, tapi tidak pernah mau menempelkan dahinya untuk bersimpuh sujud kehadirat Allah.
Hal 6
Tiga kaus di atas memberikan gambaran kepada kita tentang potret umum saat ini. saya berharap meskipun jauh dari kesempurnaan, mudah-mudahan buku kecil ini dapat memberikan jawaban untuk ketiganya.

Saya kemas dalam bentuk tanya-jawab untuk memudahkan pembaca. biasanya ketika membaca pertanyaan, akal bekerja mencari jawaba, saat itulah jawaban datang, mudah-mudahan lebih merasuk ke dalam hati dan akal.

Saya sebutkan beberapa pendapat mazhab, bukan untuk mengacaukan amalan umat selama ini, akan tetapi untuk mengetahui bahwa pendapat itu banyak dan masing-masing memiliki dalil. sikap menghormati akan menguatkan ukhuwah ummat ini.

Buku Kecil dan sederhana ini jauh dari kata kesempurnaa, masih perlu kritik yang mebangun dari pembaca. Semoga jadi bahan kritikan bagi para ulama, dapat menjadi inspirasi bagi para pemula, dan menjadi bekal amal ketika menghadap yang Maha Kuasa.

Pekanbaru Riau, 5 shafar 1438H / 5 November 2016
H. Abdul Somad, LC., MA

_____________________________________________________________________
Anda bisa membeli bukunya di Bukalapak
_____________________________________________________________________
Comments
0 Comments

0 komentar: