Cara Instal Windows 7 di SSD Laptop #Tested

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive merupakan Alternatif baru untuk mempercepat load data karena sifat dari SSD seperti kartu memori pada handphone. berbeda dengan gardisk yang masih menggunakan piringan.

Kelemahan dari SSD adalah harganya agak lebih mahal dari HDD, saat ini harga SSD yang 240 GB sekitar 130ribu. tapi kelebihan dari SSD sendiri bisa mempercepat loading windows, copy file hingga 3x lebih cepat.

Laptop yang sudah terasang SSD di dalam nya bisa digunakan untuk Sistem operasi windows, cara kerjanya sama dengan hardisk biasa. artinya selain windows 7, windows XP, windows 8 dan windows 10 juga bisa di instalkan di laptop yang sudah ada SSD nya.

Laptop-laptop canggih jaman sekarang sudah ada yang menggunakan SSD seperti ASUS ROG dan berbagai merk laptop ROG lainnya. Untuk menhemat dana yang besar untuk mengganti laptop yang sudah terpasang SSD di sarankan untuk menggunakan SSD saja yang memakan biaya sekitar 1 jutaan.

Pekerjaan seperti edit video, desain grafis dan perkerjaan berat lainnya sangat terbantu dengan hadirnya SSD sebagai solusi untuk meningkatkan peforma mesin laptop/notebook.

Cara Pasang SSD di Laptop

Para pengguna baru SSD banyak salah menempatkan posisi SSD di laptop, sebagian pengguna baru beranggapan bahwa SSD di tempatkan di slot DVD room. namun ini adalah cara yang keliru yang membuat sistem operasi tidak bisa berjalan normal ketika hardis masih terpasang di posisi normalnya.

Penepatan SSD yang benar adalah dengan membuat SSD diletakkan di Slot HDD, jadi HHD di copot dulu dari slotnya kemudian di gantikan dengan SSD. kemudian HHD yang sudah di copot tadi dipindahkan ke Slot DVD room. DVD room nya tidak bisa digunakan lai dan bisa disimpan saja atau dijadikan DVD room eksternal.

Cara Instal Sistem Operasi Windows/Linux di Laptop SSD

Cara menginstal sistem operasi window 7, windows 8, window 10 bahkan linux yang sudah terpasang SSD dengan benar sama dengan cara menginstal sistem operasi pada umumnya. setingan BIOS laptop disamakan dengan cara setting bios sebelumnya tidak perlu dirubah.

Cara ini sudah berhasil dicoba pada Laptop Tosibha Satelite L740 yang sudah di pasang SSD, namun pada dasarrnya semua jenis laptop sama saja daya kerja nya tergantung dari seberapa benar cara pemasangan SSD di laptop yang kesayangan anda.

Saya merekomendasikan anda untuk mengganti dan memasang SSD di tempat servis terdekat sebab kekurangan bahan dan alat sudah anda bisa langsung pesan di toko tersebut. untuk jasa servis yang belum perpengalaman memasang SSD di laptop anda bisa arahkan dengan memberikan petunjuk bahwa SSD nya di letakkan di slot HDD, HDD di pindahkan di Slot DVD room dan DVD room nya di copot.

Semoga informasi singkat ini bisa menambah referensi anda yang ingin mengganti Drive nya menjadi SSD. jika ada pertanyaan akan saya jawab sebisanya di kolom komentar. dan untuk instal windows di Laptop yang terdapat SSD nya anda bisa melihat viedo saya di bawah. jangan lupa Susbcribe chanel saya untuk memberikan masukan agar saya lebih baik lagi. Wassalam.

Comments
0 Comments

0 komentar: